Senin, 16 Maret 2015

Keluarga Sejati dalam Yesus Kristus

Apa sih arti dari sebuah pertemanan? Mari kita ungkap apa arti pertemanan dan predikat teman sejati.
Arti Teman Sejati
Sebagai makhluk sosial, manusia adalah makhluk yang diciptakan untuk hidup bersama-sama. Dalam kehidupan nyata hubungan sosial ini terdapat dalam dalam bentuk hubungan percintaan, pertemanan, persaudaraan, kekeluargaan dan sebagai. Kemudian muncullah predikat teman, saudara, keluarga, pasangan dan predikat lainnya yang mewakili sebuah hubungan
Definisi seseorang tentang arti pertemanan berbeda-beda tetapi pada akhirnya bisa disimpulkan bahwa teman sejati adalah seseorang yang selalu ada disaat suka maupun duka, rela berbagi, membantu mencari solusi dan selalu mendukung apapun yang terbaik bagi kita. Semakin kuat hubungan pertemanan yang kita jalin, semakin kuat juga chemistry yang terjadi diantaranya. Bahkan tidak mengherankan ketika seorang teman sejati kadang kala lebih tau apa yang sedang terjadi pada dirimu dibanding keluarga atau bahkan kamu sendiri.
Seharusnya senandung pertemanan terjalin dua arah. Artinya ketika kamu bisa memberikan predikat teman sejati kepada seseorang, sebaiknya haal yang sama juga melekat terhadapmu. Baginya kamu adalah teman sejati dan bagimu ia adalah teman sejati. Teman sejati seharusnya dapat menerima kita dalam kondisi apa adanya, dapat melihat sisi terbaik kamu disaat yang lain tidak.
Mirip seperti hubungan percintaan, semakin baik hubungan pertemanan yang terjadi semakin tanpa syarat dan alasan kenapa seseorang bisa dan bersedia menjadi teman sejati orang lain. Teman yang benar-benar sejati bukan memilihmu karena penampilan, kekayaan materi, popularitas dan sebagainya. Sosok teman sejati adalah seseorang yang akan menerima kamu dalam keadaan apapun, menerima dan memberi masukan kepada setiap keluh kesah yang kamu ungkapkan. Bahkan seringkali teman sejati jauh lebih berharga dan membantu dibanding sosok yang biasa kamu sebut pacar.
Teman sejati tidak terjadi begitu saja, seringkali permasalahan yang timbul dalam hidup membuatmu tiba-tiba saja dekat dengan seseorang dalam hubungan pertemanan. Semakin hari semakin kamu sadari bahwa kehadirannya saja sangat membantumu menghadari hari-hari yang buruk. Dan semakin banyak perhatian-perhatian kecil hingga bantuan-bantuan tak ternilai akan semakin membuka mata kita bahwa seseorang tersebut layak kita hadiahi dengan predikat teman sejati.
Teman sejati atau yang saat ini lebih dikenal dengan istilah keren ‘soulmate’ adalah salah satu harta berharga selain keluarga yang layak kamu perjuangkan. Kamu sangat beruntung jika kamu sudah menemukannya, jagalah baik-baik senandung pertemananmu dengannya. Jika belum, jagalah selalu tali silaturahmi dengan siapapun, karena kita manusia tak pernah tahu, pada konsisi seperti apa, kapan dan bagaimana seorang teman sejati muncul untuk membantu kita. Dan berbanggalah jika kamu mendapatkan predikat yang sama dari siapapun, artinya keberadanmu saja sangat berharga dimata orang lain. Dan kita akan menjadi kualitas manusia yang lebih baik jika kita dapat sebanyak mungkin bermanfaat bagi orang lain.
Keluarga dalam pengertian Kristen adalah keluarga yang dalam seluruh keberadaannya menunjukkan penghayatan dan pemahaman nya pada Ajaran Kristus. Keluarga Kristen bukan sekadar sebuah label atau sebuah catatan sensus penduduk, bukan juga sekadar ditunjukkan melalui keikutansertaan dalam ibadah-ibadah gerejawi maupun ibadah rutin lainnya yang diselenggarakan didalam keluarga. Keluarga Kristen tamapak melalui tampilan dan karakter tiap-tiap anggota keluarga, terutama hubungan dan komunikasi yang terjalin diantara sesama anggota keluarga.
Secara khusus ada 3 fungsi keluarga menurut Al-kitab,yaitu:
1. Mewakili Tuhan dalam mengolah alam semesta.
2. Menjadi lembaga pendidik pertama dan utama.
3. menjadi wadah bagi anggotanya dalam mengekspresikan cinta, kesetiaan, dan saling menghormati.
Didalam keluargalah manusia pertama kali belajar tentang arti kasih dan penerimaan, kerja sama, toleransi, solidaritas, keadilan, kebenaran, dan empati. Tuhan juga mengkehendaki agar pernikahan menjadi persekutuan yang hidup. Artinya didalam pernikahan tidak boleh dipakai untuk mencari kepentingan pribadi. Pernikahan harus menjadi satu kesatuan, persekutuan yang sejati. Pesan Allah bagi keluarga jelas, ”Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.” ( Mat. 19:6)
Keluarga harus menggambarkan komunitas cinta kasih. Cinta kasih yang selalu memberikan suasana yang hidup dan menghhidupkan. Jika di dalam keluarga menghadirkan cinta kasih yang menghidupkan, maka keluarga itu adalah keluarga yang dibangun dalam kerangka keselamatan Allah.
Beberapa hal pokok yang dapat menjadi fondasi kuat dalam hidup berkeluarga :
• Memprioritaskan Kristus dalam kehidupan mereka.
• Sikap saling mengasihi dan saling menghormati diantara anggota keluarga.
• Cinta kasih tanpa batas.
Artinya, setiap anggota keluarga memiliki tekad untuk saling berkorban demi keutuhan kehidupan keluarga.
• Sikap empati dan simpati antarsesama anggota keluarga.
Pentingnya Keluarga

Dr. Kenneth Chafin dalam bukunya Is There a Family in the House? memberi gambaran tentang maksud keluarga dalam lima identifikasi, yaitu:
1. Keluarga merupakan tempat untuk bertumbuh, menyangkut tubuh, akal budi, hubungan sosial, kasih dan rohani. Manusia diciptakan menurut gambar Allah sehingga mempunyai potensi untuk bertumbuh. Keluarga merupakan tempat  memberi energi, perhatian, komitmen, kasih dan lingkungan yang kondusif untuk bertumbuh dalam segala hal ke arah Yesus Kristus.
2. Keluarga merupakan pusat pengembangan semua aktivitas. Dalam keluarga setiap orang bebas mengembangkan setiap karunianya masing-masing. Di dalam keluarga landasan kehidupan anak dibangun dan dikembangkan.
3. Keluarga merupakan tempat yang aman untuk berteduh saat ada badai kehidupan. Barangkali orang lain sering tidak memahami kesulitan hidup yang kita rasakan tetapi di dalam keluarga kita mendapat perhatian dan perlindungan.
4. Keluarga merupakan tempat untuk mentransfer nilai-nilai, laboratorium hidup bagi setiap anggota keluarga dan saling belajar hal yang baik.
5. Keluarga merupakan tempat munculnya permasalahan dan penyelesaiannya. Tidak ada keluarga yang tidak menghadapi permasalahan hidup. Seringkali permasalahan muncul secara tidak terduga. Misalnya, hubungan suami istri, masalah yang dihadapi anak belasan tahun, dan masalah ekonomi. Namun, keluarga yang membiarkan Kristus memerintah sebagai Tuhan atas hidup mereka pasti dapat menyelesaikan semua permasalahan.
Semua anggota keluarga Kristen wajib berbuat baik. Kenapa setiap orang Kristen wajib berbuat baik? Karena Tuhan telah berbuat baik kepada kita terlebih dahulu. Dengan cara apa Tuhan berbuat baik kepada manusia? 1) Karena Tuhan telah menciptakan alam semesta untuk dikelola manusia; 2) Karena Tuhan telah mencipta dan memberi kehidupan kepada kita; 3) Karena Tuhan telah menebus kita dari kuasa dosa; 4) Karena Tuhan telah menyediakan kehidupan yang kekal untuk kita. Demikianlah perbuatan baik Tuhan yang Ia berikan kepada manusia. Hal inilah yang menyebabkan setiap anggota keluarga Kristen wajib berbuat baik dan menjadi teladan dalam hal perbuatan baik ini.

Setiap perbuatan baik yang kita lakukan kepada siapapun, kapanpun, dan dimanapun adalah sebagai ucapan syukur kita kepada Tuhan yang telah berbuat baik kepada kita (Kolose 3:23). Perbuatan baik apapun yang kita lakukan bukanlah untuk mendapat pujian tau penghargaan, melainkan sebagai bentuk syukur kepada Tuhan. Sebagai contoh. Suami berbuat baik kepada istri dan anak-anaknya, istri berbuat baik kepada suami dan anak-anaknya, anak-ana erbuat baik kepada orang tua dan saudara-saudaranya dan setiap anggota keluarga Kristen berbuat baik kepada setiap orang. Tuhan Yesus berkata “Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga" (Matius 5:16)..Aminnn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar